Utusan Khusus Nuklir AS dan Korea Selatan Bertemu di Seoul

Utusan khusus nuklir Korea Selatan dan AS bertemu pada Kamis (18/1) untuk membahas ketegangan tinggi di semenanjung Korea dan cara menanggapi ancaman nuklir Korea Utara.

Utusan khusus nuklir Korea Selatan Kim Gunn dan mitranya dari AS, Jung Pak, bertemu di kementerian luar negeri di Seoul.

Keduanya dijadwalkan bertemu dengan utusan khusus nuklir Jepang Hiroyuki Namazu pada hari yang sama.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah secara provokatif melakukan uji coba senjata dan melayangkan ancaman yang meningkatkan ketegangan kawasan ke level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Pada hari Senin (15/1) di parlemen Korea Utara, Kim menyatakan bahwa Korea Utara akan meninggalkan komitmen lamanya terhadap unifikasi damai dengan Korea Selatan.

Ia memerintahkan penulisan ulang konstitusi Korea Utara untuk menghapus gagasan terciptanya negara bersama dengan Korea Selatan.

Ia mengatakan, Korea Selatan adalah “antek kelas atas” Amerika yang terobsesi dengan konfrontasi. Ia juga mengulangi ancamannya bahwa Korea Utara akan memusnahkan Korea Selatan dengan senjata nuklirnya jika diprovokasi. [rd/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com