Trump Menang dalam Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Trump dinobatkan sebagai pemenang, tidak lama setelah pemungutan suara ditutup di New Hampshire, negara bagian di timur laut AS. Dengan 22% daerah yang melaporkan hasil pemungutan, Trump berhasil memperoleh 38.755 suara (52,5%), unggul dari penantangnya, Nikki Haley, yang memperoleh 46,6%, suara menurut kantor berita Associated Press.

Jumlah akhir masih belum jelas, namun kemungkinan besar seruan dari beberapa anggota Partai Republik, agar mantan Duta Besar AS Haley mundur dari pencalonan akan semakin meningkat.

Sebelumnya pada Selasa (23/1), tim kampanye Haley berjanji bahwa dia akan terus bersaing hingga pemilihan Super Tuesday, yang jatuh pada 5 Maret mendatang di mana 16 negara bagian akan memberikan suara serentak pada hari yang sama.

Partai Demokrat di New Hampshire juga mengadakan pemilihan pendahuluan pada hari Selasa, tetapi nama Presiden Joe Biden tidak muncul dalam surat suara mereka.

Partai Demokrat berharap untuk tidak lagi menjadikan New Hampshire menyelenggarakan pemilihan pendahuluan pertama dalam pemilu presiden, dan lebih memilih untuk menempatkan negara bagian di wilayah tenggara, South Carolina, sebagai yang pertama dalam putaran pemilihan kali ini.

Namun Partai Demokrat di New Hampshire mengatakan undang-undang negara bagian mengharuskan mereka mengadakan pemilihan pendahuluan pertama, sehingga mereka tetap melanjutkan pemungutan suara. Mereka yang ingin mendukung Biden harus menuliskan namanya. Dengan 31% daerah melaporkan, Biden hanya menerima 366 suara (1,2%). [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com