Serba-serbi Menjelang Olimpiade Paris 2024

Enam bulan sebelum Olimpiade Paris digelar, sejumlah data yang muncul terkait pagelaran tersebut tampil mengesankan. Anggaran pesta olahraga itu mencapai hampir sembilan miliar euro dan satu miliar penonton diperkirakan akan menyaksikan upacara pembukaannya.

Sebanyak 10.500 atlet yang berpartisipasi, sebagian besar di antaranya akan tinggal di Desa Olimpiade yang terletak di pinggiran Kota Saint-Denis.

Olimpiade Paris memiliki 329 pertandingan, yang terdiri dari 32 cabang olahraga, termasuk empat olahraga baru yaitu selancar air (diselenggarakan di Tahiti yang jauh), panjat tebing, breaking, dan skateboarding.

Sebanyak 203 negara akan ikut serta dalam Olimpiade musim panas nanti, termasuk Tim Pengungsi. Atlet Rusia dan Belarus sendiri akan bertanding sebagai atlet netral.

Anggaran Olimpiade saat ini mencapai $9,57 miliar, meskipun total tagihannya baru akan diketahui setelah Olimpiade berlangsung. Badan audit nasional Prancis memperkirakan, jumlah dana publik sebesar 3 miliar euro dapat dibelanjakan untuk Olimpiade.

Lima belas juta penonton diperkirakan akan menghadiri Olimpiade yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Sedangkan Paralimpiade akan berlangsung mulai 28 Agustus hingga 8 September. Menurut perkiraan kantor pariwisata Paris, sekitar 12 persen atau dua juta penonton berasal dari luar negeri, banyak di antaranya dari Inggris dan Amerika Serikat.

Jumlah penonton di seluruh dunia yang diperkirakan berjumlah satu miliar, akan menyaksikan upacara pembukaan ketika para atlet berlayar menyusuri Sungai Seine dengan perahu. [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com