Sedikitnya 10 Tewas dalam Kecelakaan Tambang Batu Bara di China

Sedikitnya 10 orang tewas dan enam hilang setelah kecelakaan tambang batu bara di Kota Pingdingshan, di China tengah, kata badan manajemen darurat setempat pada Sabtu (13/1). Badan tersebut berjanji melanjutkan operasi penyelamatan dan melakukan pemeriksaan keselamatan di seluruh kota.

Aktivitas pemeriksaan keselamatan di Pingdingshan, wilayah yang memiliki batu bara di Provinsi Henan, dapat mengganggu produksi batu bara di sana.

Pada November, harga batu bara di China melonjak setelah kabinet negara tersebut berjanji meningkatkan pemeriksaan keselamatan karena kematian akibat kecelakaan di wilayah penghasil batu bara utama Shanxi meningkat tajam.

Biro manajemen darurat Pingdingshan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.55 waktu setempat pada Jumat (12/1) akibat ledakan batu bara dan gas di tambang milik Pingdingshan Tianan Coal Mining China.

Pada Sabtu (13/1) pukul 15.00 waktu setempat, 10 orang dipastikan tewas, dan enam orang dinyatakan hilang.

Badan tersebut mengatakan akan membuat rencana konkret untuk menyelamatkan orang hilang dan menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

Kantor berita resmi Xinhua menyebutkan total 425 orang bekerja di bawah tanah ketika kecelakaan itu terjadi. [ah]

Sumber: www.voaindonesia.com