Salju Lebat dan Hujan yang Sangat Dingin Batalkan Layanan Penerbangan dan Kereta di Jerman

Hujan salju lebat dan hujan yang sangat dingin di berbagai penjuru Jerman, Rabu (17/1) menyebabkan pembatalan ratusan penerbangan dan kereta, kecelakaan-kecelakaan di jalan yang tertutup es, dan penutupan sekolah-sekolah.

Di bandara Frankfurt, bandara terbesar di Jerman, lebih dari 500 penerbangan dibatalkan, sementara di Munich lebih dari 250 kedatangan dan keberangkatan dibatalkan. Di Jerman bagian barat, bandara Saarbruecken ditutup pada hari itu, sementara bandara Duesseldorf dan bandara Cologne/Bonn juga terkena dampak penundaan dan pembatalan.

Operator kereta nasional Deutsche Bahn membatalkan layanan beberapa kereta jarak jauh dan mengumumkan bahwa kecepatan maksimum kereta cepat ICE (InterCity Express) akan dibatasi hingga 200 kilometer per jam karena cuaca ekstrem.

Seorang pekerja kereta api membersihkan jalur salju di gunung tertinggi ‘Brocken’ setinggi 1.142 meter (3.743 kaki) di Jerman utara di pegunungan Harz dekat Schierke, Jerman, Rabu, 17 Januari 2024. (AP Photo/Matthias Schrader)

Hujan yang sangat dingin di Jerman bagian barat dan selatan juga menyebabkan banyak kecelakaan di jalan yang tertutup es pada Rabu dini hari. Sebagai tindakan pencegahan, banyak sekolah dan taman kanak-kanak tutup pada hari itu dan beberapa perusahaan menawarkan pilihan kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Dinas cuaca Jerman memperingatkan risiko yang sangat tinggi terhadap jalan yang tertutup es akibat hujan yang sangat dingin di wilayah yang mencakup kota Trier di barat dan Frankfurt di tengah negara itu.

Di negara bagian-negara bagian Rhineland-Pfalz, Hesse dan Baden-Wuerttemberg, pemerintah mengatakan ada “bahaya besar bagi kehidupan akibat hujan yang sangat dingin dengan akumulasi es yang lebat.” Masyarakat yang tinggal di daerah tersebut diminta untuk tidak mengemudi dan tetap berada di dalam rumah jika memungkinkan.

Sebuah truk penebar garam melaju di jalan raya saat hujan mulai turun dan suhu rendah di Frankfurt, Jerman, Rabu, 17 Januari 2024. (AP/Michael Probst)

Sebuah truk penebar garam melaju di jalan raya saat hujan mulai turun dan suhu rendah di Frankfurt, Jerman, Rabu, 17 Januari 2024. (AP/Michael Probst)

Di sebelah utara Jerman, negara-negara Skandinavia juga dilanda cuaca musim dingin yang sangat membekukan.

Hujan salju lebat membuat lalu lintas terhenti di sebagian besar wilayah, jalan raya tersumbat oleh pengendara yang mobilnya tidak bisa bergerak, penundaan transportasi umum, pembatalan beberapa jalur feri, dan penutupan beberapa jembatan. Polisi di beberapa wilayah di Denmark mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah.

Bandara di Oslo, Norwegia, mengatakan bahwa “akibat hujan salju lebat di wilayah Oslo, terjadi penundaan dan pembatalan transportasi umum ke dan dari bandara Oslo. Jika Anda akan bepergian, sediakan banyak waktu untuk sampai ke bandara dan ikuti informasi dari maskapai penerbangan Anda.” [ab/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com