Salju di Barat, Banjir di Timur

Badai besar melanda wilayah Timur Laut Amerika Serikat disertai angin kencang, memutus aliran listrik ke ratusan ribu orang setelah cuaca buruk melanda sebagian besar wilayah AS.

Badai, yang dimulai pada Selasa (9/1) malam dan berlanjut pada Rabu (10/1), menghanyutkan jalan serta merobohkan pepohonan dan kabel listrik. Hembusan angin mencapai 72 kilometer per jam (kpj) hingga 88 kpj dan cuaca lebih berangin terjadi sepanjang Rabu.

Peristiwa ini terjadi setelah tornado dan kecelakaan mematikan terjadi selama seharian di wilayah Selatan serta badai salju di wilayah Barat Tengah dan Barat Laut. Di beberapa bagian Pacific Northwest dan Pegunungan Rocky, salju turun lebih dari sekitar 75 sentimeter.

Berikut ini beberapa wilayah yang terkena dampak badai:

New Jersey

Gubernur New Jersey Phil Murphy mengumumkan keadaan darurat menjelang terjadinya badai. Banyak jalan terendam banjir, dan air sungai meluap setelah curah hujan di beberapa daerah mencapai 7,6 sentimeter sejak Selasa malam. Hujan turun di tempat yang diterjang badai lain beberapa minggu lalu. Badai lain diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan.

Lou DeFazio, 65, dari Manville, New Jersey, tinggal hanya beberapa langkah dari Sungai Millstone yang mengalami banjir besar pada tahun 2021 setelah sisa-sisa badai Ida menghantam negara bagian tersebut dan membelok di tepi sungai.

“Ini semakin buruk,” katanya, ketika sungai meluap pada hari Rabu.

Gubernur Murphy mengatakan aliran listrik terhadap 56.000 rumah terputus dan beberapa ratus kecelakaan serta bantuan jalan raya telah dilaporkan terjadi, namun tidak ada korban jiwa akibat badai yang muncul. Dia mengatakan masyarakat sering mengabaikan peringatan banjir, sehingga membahayakan diri mereka sendiri.

“Dan kami menyaksikan dalam badai Ida, orang-orang kehilangan nyawa mereka dengan mengendarai mobil mereka ke jalan yang tidak seharusnya mereka lewati, atau tetap tinggal di rumah pada saat yang tidak seharusnya,” kata Murphy dalam sebuah wawancara dengan CBS New York.

New York

Di Nassau County, video menunjukkan mobil-mobil terbawa air yang menumpuk di jalan-jalan Freeport. Lebih jauh ke timur, dekat Hamptons, Layanan Cuaca Nasional melaporkan banjir besar terjadi di Teluk Shinnecock. Beberapa sekolah di Long Island membatalkan atau menunda kelasnya akibat badai tersebut.

Para pejabat Kota New York mengevakuasi hampir 2.000 migran yang tinggal di sebuah kompleks tenda yang luas sebelum badai melanda di tengah kekhawatiran bahwa fasilitas tersebut bisa runtuh jika terjadi angin kencang.

Foto-foto menunjukkan para keluarga migran tersebut tidur di lantai sebuah sekolah menengah di Brooklyn, yang siswanya terpaksa pindah ke tempat terpencil pada hari Rabu akibat relokasi mendadak tersebut. Para migran kembali ke fasilitas tenda sekitar pukul 04.30 pada hari Rabu setelah angin mereda, kata para pejabat.

Pennsylvania

Beberapa komunitas di Pennsylvania mendapat curah hujan lebih dari 10 sentimeter dan yang lainnya mengalami curah hujan hampir sama. Tim tanggap darurat menyelamatkan beberapa pengemudi dari kendaraan yang terdampar ketika jalan-jalan di daerah dataran rendah terendam banjir, dan tumbangnya pohon serta kabel memutus aliran listrik ke ribuan pelanggan.

Sejumlah kendaraan bergerak perlahan di jalan yang tertutup oleh es di Wheeling, Illinois, pada 9 Januari 2024. (Foto: AP/Nam Y. Huh)

Peramal cuaca mengatakan setidaknya beberapa sungai di Pennsylvania timur mengalami banjir sedang. Badai lain yang membawa curah hujan setinggi 3,8 sentimeter pada Jumat malam hingga Sabtu akan memperburuk banjir dan membawa angin kencang, kata para pejabat.

New England

Jebolnya bendungan di Bozrah, Connecticut, mendorong perintah evakuasi wajib pada hari Rabu untuk beberapa daerah di sepanjang Sungai Yantic, kata para pejabat Norwich. Sebuah perusahaan listrik menutup gardu induk di sepanjang sungai sehingga menyebabkan sekitar 5.000 rumah dan tempat usaha tanpa aliran listrik.

Badai tersebut membatalkan acara dan fungsi pemerintahan di Maine, di mana beberapa daerah masih berada dalam tahap pemulihan dari badai salju yang terjadi selama akhir pekan dan banjir pada bulan sebelumnya.

Angin bertiup hingga 153 kilometer per jam di Pulau Maine au Haut, sebuah pulau di Teluk Penobscot, kata Jon Palmer dari Layanan Cuaca Nasional di Gray, Maine. Di bandara terbesar di negara bagian itu, angin kencang mendorong sebuah pesawat penumpang yang kosong ke dalam jembatan jet, kata pejabat Portland Jetport, Rabu. Tidak ada yang terluka dalam kejadian itu.

Di tempat parkir dekat Dermaga Widgery di tepi laut Portland, nelayan lobster berusaha mengatasi sebagian banjir dengan menggunakan pompa.

Gubernur Maine Janet Mills mendorong warga untuk menjauhi jalan raya di tengah peringatan banjir bandang.

“Harap pastikan untuk memberikan banyak ruang bagi truk bajak, kru utilitas, dan petugas tanggap darurat saat mereka bekerja untuk menjaga kita tetap aman,” katanya.

Di Vermont, badai membawa hembusan angin hingga sekitar 112 kilometer per jam dan salju basah yang lebat, diikuti hujan, menyebabkan hampir 30.000 rumah tanpa aliran listrik pada Rabu pagi. Banyak sekolah ditutup atau ditunda pembukaannya.

Wali Kota New York, Eric Adams, mengunjungi para pencara suaka yang berlindung di gedung sekolah SMA James Madison di Brooklyn, New York, pada 9 Januari 2024. (Foto: Benny Polatseck/Mayoral Photography Office via AP)

Wali Kota New York, Eric Adams, mengunjungi para pencara suaka yang berlindung di gedung sekolah SMA James Madison di Brooklyn, New York, pada 9 Januari 2024. (Foto: Benny Polatseck/Mayoral Photography Office via AP)

Midwest

Jalan raya yang licin menyebabkan tabrakan fatal di Wisconsin dan Michigan.

Badai tersebut, yang dimulai pada hari Senin (8/1), mengubur kota-kota di wilayah Midwest dengan salju, membuat orang-orang terjebak di jalan raya. Beberapa daerah mengalami salju setinggi 30 sentimeter pada hari Senin, termasuk Kansas, Nebraska bagian timur dan Dakota Selatan, Iowa bagian barat, dan Minnesota bagian barat daya.

Madison, Wisconsin, berada di bawah peringatan badai musim dingin hingga Rabu pagi, dengan ketebalan salju setinggi 23 sentimeter dan kecepatan angin 64 kilometer per jam.

Cuaca telah mempengaruhi kampanye untuk kaukus daerah Iowa pada tanggal 15 Januari, di mana salju diperkirakan akan diikuti oleh suhu yang sangat dingin yang dapat mencapai di bawah minus 18 Celcius.

Badan ramalan cuaca memperingatkan wilayah Midwest dan Great Plains yang dilanda salju bahwa suhu bisa turun sangat rendah karena angin dingin, suhu turun hingga minus 29 Celcius dan bahkan jauh lebih rendah di Chicago, Kansas City, dan beberapa wilayah Montana.

Selatan

Beberapa kematian diduga disebabkan oleh badai yang melanda daerah tersebut disertai hujan lebat, dengan laporan tornado, hujan es, dan angin. Tim survei berangkat pada hari Rabu ke Florida, Georgia, North Carolina dan South Carolina untuk menentukan apakah ada tornado yang terjadi, kata pejabat Layanan Cuaca Nasional.

Seorang perempuan berusia 81 tahun di Alabama tewas ketika rumah mobilnya terlempar dari fondasinya akibat dugaan angin puting beliung. Seorang laki-laki meninggal di selatan Atlanta ketika sebuah pohon tumbang menimpa mobilnya. Seorang lainnya meninggal di Carolina Utara setelah dugaan tornado menghantam taman karavan.

Atap rumah-rumah hancur, perabotan, pagar dan puing-puing berserakan selama puncak badai di wilayah Selatan.

Banyak daerah di Florida masih berada dalam pengawasan, peringatan dan peringatan banjir pada Rabu pagi di tengah kekhawatiran bahwa sungai-sungai sudah meluap. Gubernur Ron DeSantis, yang memberikan pidato kenegaraannya pada hari Selasa ketika peringatan tornado aktif di luar Capitol, mengeluarkan perintah eksekutif untuk memasukkan 49 county di Florida Utara ke dalam keadaan darurat.

Tim penyelamat di Virginia menarik dua orang dari banjir, di mana mereka berpegangan pada dahan setelah kendaraan mereka kebanjiran dan mereka kemudian tersapu dari atapnya, menurut Penyelamat Kebakaran Kabupaten Albemarle. Mereka tidak terluka tetapi berada di dalam air setidaknya selama 10 menit, kata juru bicara Abbey Stumpf.

Barat

Badai di Pacific Northwest dan Pegunungan Rocky menumpahkan salju, termasuk 74 sentimeter yang dilaporkan di Stevens Pass di negara bagian Washington dan 76 sentimeter di luar Santa Fe, New Mexico, demikian menurut Layanan Cuaca Nasional.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan akan kondisi longsoran salju yang sangat berbahaya di daerah pegunungan Idaho, Montana, Wyoming, Utah, Washington dan Oregon. Wisatawan pedalaman disarankan untuk menjauhi lereng yang curam dan menjauhi dasar lereng yang curam.

Di wilayah Montana utara, suhu bisa turun di bawah minus 34 Celcius pada Sabtu pagi. Suhu tinggi diperkirakan akan tetap di bawah titik beku hingga ke selatan Oklahoma. [my/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com