Rusia Rampungkan Pembelian 92 Pesawat Milik Asing

Maskapai penerbangan dan perusahaan penyewaan pesawat Rusia, AerCap, mengatakan pihaknya kembali membeli 92 pesawat lagi dari perusahaan penyewaan asing.

Pesawat-pesawat tersebut dibeli menggunakan anggaran dari Dana Kesejahteraan Nasional Rusia, dengan dana sebesar 190 miliar rubel ($2,06 miliar) yang dialokasikan untuk tujuan tersebut.

Kepemilikannya kini akan beralih ke perusahaan asuransi negara Rusia NLK-Finance, yang akan mengalihkannya ke maskapai penerbangan.

Maskapai Penerbangan S7 mengatakan 45 pesawat milik asing telah dibeli, sementara maskapai penerbangan nasional Aeroflot mengatakan kesepakatan pembelian 28 pesawatnya, dan 19 lainnya untuk Ural Airlines, telah rampung.

Setelah negara-negara Barat memberikan sanksi kepada maskapai penerbangan Rusia atas invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia mendaftarkan ulang pesawat asing ke armadanya tanpa persetujuan pemiliknya, sebelum memulai negosiasi untuk membeli pesawat tersebut.

Setelah pesawat milik asing dibeli, maskapai penerbangan Rusia dapat menggunakannya untuk melayani rute luar negeri tanpa risiko disita. [ah/ft]

Sumber: www.voaindonesia.com