Rusia Pindahkan Navalny ke Penjara di Kutub Utara

Politisi oposisi Rusia yang dipenjarakan, Alexey Navalny, telah dipindahkan ke kompleks penjara di kawasan Kutub Utara, di bagian utara Rusia. Ini disampaikan juru bicara Navalny hari Senin setelah para pendukungnya tidak dapat menghubunginya selama lebih dari dua pekan.

Navalny terlacak berada di kompleks penjara IK-3 di Kharp di kawasan Yamal-Nenet, sekitar 1,900 kilometer sebelah timur laut Moskow, kata juru bicaranya, Kira Yarmysh.

Pengacara Navalny berusaha menemuinya hari Senin, kata Yarmysh.

Sekutu-sekutu Navalny, yang telah bersiap menghadapi perkiraan ia dipinjahkan ke kompleks “rezim khusus,” tingkat terberat dalam sistem penjara Rusia, mengatakan ia tidak ditemui para pengacara sejak 6 Desember dan ini menimbulkan kekhawatiran mengenai nasibnya.

“Terima kasih banyak kepada para pendukung kami, aktivis jurnalis dan media yang merasa khawatir mengenai nasib Alexei dan yang tak pernah lelah menulis mengenai situasinya,” kata pengacara Navalny, Ivan Zhdanov.

Zhdanov mengatakan para pendukungnya mengirim 618 permintaan informasi mengenai lokasi Navalny, yang sebelumnya ditahan di sebuah kompleks penjara yang berlokasi 235 km di sebelah timur Moskow. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com