Rawat Inap Menhan Austin Tanpa Melapor akan Ditinjau Pentagon dan Gedung Putih

Gedung Putih dan Pentagon pada Senin (8/1) mengatakan mereka sedang meninjau situasi di seputar rawat inapnya Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada pekan lalu dan tidak adanya pemberitahuan kepada para pejabat Gedung Putih bahwa Austin telah mengalihkan kewenangan kepada wakilnya.

Austin, yang tepat berada di bawah Biden pada puncak rantai komando militer AS, mengalami komplikasi dari apa yang digambarkan sebagai prosedur medis elektif yang ia jalani pada 22 Desember dan kemudian dirawat inap pada 1 Januari.

Pentagon menolak mengungkapkan rincian apa pun mengenai prosedur medis elektif yang dijalani Austin itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada para wartawan bahwa peninjauan itu akan memeriksa peraturan atau prosedur apa yang tidak diikuti Austin.

Kirby mengatakan, “Ia telah menjalankan kembali semua kewenangannya. Ia telah melakukan semua fungsi yang biasanya ia lakukan. Ia baru saja melakukannya dari rumah sakit. Dan kami, tentu saja, seperti yang Anda perkirakan, akan meninjau semua proses dan prosedur di sini dan berusaha belajar dari pengalaman ini. Dan jika ada sejumlah perubahan yang perlu dilakukan dalam hal proses dan prosedur, kami akan melakukannya.”

Sebuah memo Pentagon yang dirilis Senin malam mengatakan Departemen Pertahanan akan melakukan peninjauan selama 30 hari yang mencakup kronologi kejadian dan pemberitahuan sejak Austin dirawat inap, proses untuk menentukan kapan Austin tidak mampu menjalankan tugasnya dan rekomendasi untuk memperbaiki proses pemberitahuan kepada para pemimpin senior. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com