Raja Charles III akan Jalani Tindakan Medis, Putri Wales Pulih dari Operasi

Raja Charles III dan Putri Wales sama-sama menghadapi masalah medis yang memaksa mereka menangguhkan pertemuan publik yang telah direncanakan sebelumnya selama beberapa pekan mendatang.

Charles akan menjalani “prosedur korektif” untuk pembesaran prostat pekan depan, kata Istana Buckingham hari Rabu. Istana mengatakan kondisi raja Inggris itu tidak berbahaya.

Beberapa saat sebelumnya, kantor Putri Wales mengumumkan bahwa Kate akan tetap tinggal di sebuah rumah sakit swasta di London hingga dua pekan setelah menjalani operasi perut yang telah direncanakan. Sang putri, yang semula dikenal sebagai Kate Middleton, adalah istri putra mahkota, Pangeran William.

FILE – Kate, Putri Wales, dan Pangeran William melakukan perjalanan dengan kereta menyusul upacara penobatan Raja Inggris Charles III di London, 6 Mei 2023. (AP/David Cliff)

Meskipun agak tidak biasa bagi para anggota keluarga kerajaan untuk merilis rincian mengenai kesehatan mereka, kedua pengumuman tersebut mungkin membantu menghindari spekulasi jika berbagai kegiatan yang seharusnya dihadiri harus ditunda atau dibatalkan dalam beberapa pekan mendatang.

Publisitas mengenai operasi yang dijalani raja dianggap sebagai kesempatan untuk mendorong kaum lelaki memeriksakan prostat mereka sesuai dengan saran kesehatan masyarakat. Raja berusia 75 tahun itu mencari pengobatan “yang sama dengan ribuan lelaki setiap tahun,” kata istana.

Pembesaran prostat kerap terjadi pada lelaki berusia di atas 50. Kondisi ini memengaruhi cara buang air kecil seseorang dan biasanya bukan merupakan ancaman kesehatan yang serius. Hal tersebut bukan kanker dan tidak meningkatkan risiko mengidap kanker prostat.

FILE - Raja Charles III dari Inggris dan Ratu Camilla tiba menghadiri kebaktian Natal di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Norfolk, Inggris, 25 Desember 2023. (AP/Kin Cheung)

FILE – Raja Charles III dari Inggris dan Ratu Camilla tiba menghadiri kebaktian Natal di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Norfolk, Inggris, 25 Desember 2023. (AP/Kin Cheung)

Media Inggris dan luar negeri telah fokus pada kesehatan para anggota keluarga kerajaan yang berusia lanjut dalam beberapa tahun ini. Pertama-tama ketika mendiang Ratu Elizabeth II menghilang dari hadapan publik pada bulan-bulan terakhir dari 70 tahun masa kekuasaannya, kemudian ketika Charles naik takhta pada usia di mana sebagian besar lelaki seusianya telah lama pensiun.

Serangkaian acara dalam jadwal raja telah ditunda, termasuk rencana sejumlah tamu kehormatan asing dan para anggota kabinet PM Rishi Sunak ke Dumfries House di Skotlandia.

Sementara itu Kate, 42, mulai dirawat di The London Clinic pada hari Selasa.
Kantornya di Istana Kensington tidak memberi rincian lebih lanjut, tetapi mengatakan kondisinya itu bukan kanker. Meskipun secara umum kondisi kesehatannya baik, Kate pernah dirawat di rumah sakit sewaktu hamil karena mual di pagi hari yang parah. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com