Prioritas Utama Ukraina Pengiriman Rudal dan Sistem Pertahanan Udara 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Kamis (5/1) mengatakan bahwa prioritas nomor 1 Ukraina adalah pengiriman tambahan rudal dan sistem pertahanan udara karena banyak lokasi di Ukraina yang telah menjadi sasaran serangan drone, rudal dan tembakan artileri Rusia.

Berbicara pada pidato hariannya, Zelenskyy mengatakan paket dukungan bagi “para pejuang Kita,” yang terdiri dari artileri, peralatan perang elektronik dan drone juga merupakan prioritas utama.

Zelenskyy mengatakan Rusia sedang berupaya mematahkan semangat Ukraina dengan mengancam akan menghancurkan sektor energinya yang disebut Zelenskyy sebagai “fondasi kehidupan kita.”

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Inggris Jumat mengemukakan di dalam laporan intelijen hariannya mengenai Ukraina bahwa pertempuran di darat selama sepekan terakhir telah mempertahankan garis depan Ukraina, tetapi Ukraina juga mengalami sejumlah kekalahan. Di Donestk, kawasan tengah Ukraina, kata kementerian itu, Avdiivka “masih diperebutkan dengan sengit,” tetapi pasukan Rusia di Marinka akhirnya bergerak maju ke tepi barat kota itu “setelah pertempuran sembilan tahun di daerah tersebut.”

Sementara itu, di Ukraina Selatan, kementerian itu mengatakan pasukan lintasudara Rusia “kemungkinan besar hanya mencapai kemajuan minimal” dalam menyingkirkan pangkalan Ukraina di sisi timur Dnipro, di dekat desa Krynky. [uh/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com