PM India Modi Buka Kuil Kontroversial Hindu di Ayodhya

PM India Narendra Modi, Senin (22/1) mengunjungi sebuah kuil Hindu yang kontroversial, yang dibangun di atas reruntuhan masjid bersejarah di kota suci Ayodhya.

Modi terlihat berdiri di dekat patung raksasa Dewa Rama, dewa yang paling dipuja dalam Hinduisme.

Kuil itu dibangun di atas reruntuhan masjid yang berasal dari abad ke-16.
Masjid itu diratakan dengan tanah pada tahun 1992 oleh massa Hindu yang percaya bahwa Masjid Babri dibangun di atas reruntuhan kuil yang menandai tempat kelahiran Dewa Rama.

Lokasi itu telah lama menjadi titik konflik agama yang intens bagi kedua komunitas agama tersebut. Penggusuran masjid tersebut memicu kerusuhan berdarah di berbagai penjuru India yang menewaskan 2.000 orang, kebanyakan warga Muslim.

Perdana Menteri India Narendra Modi, tiba untuk memimpin pembukaan kuil yang didedikasikan untuk Dewa Ram Hindu di Ayodhya, India, Senin, 22 Januari 2024. (AP/Rajesh Kumar Singh)

Sengketa itu berakhir pada tahun 2019 ketika, dalam sebuah putusan kontroversial, Mahkamah Agung India menyebut penghancuran masjid tersebut “suatu pelanggaran berat” UU, tetapi menyerahkan tempat tersebut kepada umat Hindu sedangkan Muslim diberi lahan yang berbeda.
Keputusan itu masih melukai hati banyak Muslim, yang menganggap pembangunan kuil tersebut sebagai bukti politik Modi yang mengutamakan warga Hindu. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com