Peselancar Remaja Tewas dalam Serangan Hiu di Australia Selatan

Seorang peselancar berusia 15 tahun tewas dalam serangan fatal ketiga oleh hiu di perairan lepas pantai negara bagian Australia Selatan dalam beberapa bulan ini.

Khai Cowley diserang oleh seekor hiu putih besar pada hari Kamis sewaktu berselancar dengan ayahnya di kawasan Pantai Ethel yang terpencil di Semenanjung Yorke, di sebelah barat kota asalnya, Adelaide, kata pihak berwenang.

Ia dibawa ke pantai, namun para petugas layanan darurat tidak mampu menyelamatkan jiwanya.

Beberapa peselancar tewas akibat serangan hiu di tempat-tempat terpencil di Australia Selatan pada Mei dan Oktober. Mayat mereka tidak pernah ditemukan.

PM Australia Selatan Peter Malinauskas mengatakan sejak tahun 2000 telah terjadi 11 serangan hiu yang fatal di perairan negara bagian itu.

Serangan yang telah terjadi tiga kali sejak Mei itu “mengejutkan dan mengkhawatirkan,” katanya kepada saluran televisi Nine Network, Jumat.

Malinauskas mengatakan tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah untuk membuat pantai-pantai di luar Adelaide lebih aman. Adelaide adalah ibu kota dan merupakan kota terpadat di negara bagian Australia Selatan.

Di luar negara bagian itu, seorang remaja putri berusia 16 yang tewas oleh serangan hiu banteng di sebuah sungai di Perth, kota di pesisir barat, pada Februari lalu merupakan satu-satunya serangan fatal hiu di Australia sepanjang 2023.

Pakar hiu berbasis di Adelaide, Andrew Fox, mengatakan peningkatan serangan hiu di Australia Selatan tahun ini, termasuk dua serangan tidak mematikan, sulit untuk dijelaskan. Ia mengatakan kondisi mendung seperti yang terjadi di Pantai Ethel pada hari Kamis dapat membuat hiu-hiu semakin berani menyerang. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com