Pesawat Boeing 737-800 Maskapai ANA Putar Balik karena Kaca Kokpit Retak

Penerbangan domestik Jepang, All Nippon Airways (ANA), kembali ke bandara keberangkatan pada Sabtu (13/1) setelah ditemukan keretakan pada kaca kokpit pesawat Boeing 737-800 saat mengudara, kata juru bicara maskapai tersebut.

Pesawat dengan penerbangan nomor 1182 tersebut sedang terbang menuju ke Bandara Toyama. Namun, terpaksa harus kembali ke Bandara Sapporo-New Chitose setelah ditemukan adanya keretakan pada lapisan terluar dari empat lapisan kaca yang mengelilingi kokpit, kata juru bicara tersebut. Ia menambahkan bahwa tidak ada laporan cedera terhadap 59 penumpang dan enam awak akibat insiden itu.

Pesawat tersebut bukanlah pesawat Boeing 737 MAX 9. Pesawat-pesawat jenis itu menjadi sorotan setelah insiden lepasnya panel kabin maskapai Alaska Airlines yang baru pada minggu lalu.

“Retakan tersebut bukanlah sesuatu yang mempengaruhi kendali penerbangan atau tekanan kabin,” kata juru bicara ANA.

Otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (12/1) memperpanjang larangan terbang untuk pesawat Boeing 737 MAX 9 tanpa batas waktu untuk pemeriksaan keselamatan baru dan mengumumkan akan memperketat pengawasan terhadap Boeing itu sendiri. [ah]

Sumber: www.voaindonesia.com