Pejabat Hong Kong Komentari Soal Messi

Pejabat tertinggi Hong Kong yang mengurusi bidang olahraga pada Senin (5/2) menegaskan kembali seruan pemerintahnya mengenai penjelasan dari penyelenggara pertandingan sepak bola antara klub Inter Miami dan tim lokal, setelah kekecewaan yang meluas karena Lionel Messi tetap duduk di bangku cadangan sepanjang pertandingan.

Dalam konferensi pers pada Senin, Sekretaris Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Kevin Yeung mengatakan, “Karena (kapten Inter Miami Lionel) Messi tidak turun bertanding, kami pemerintah, seperti juga banyak penggemar, terutama para pengunjung yang ke Hong Kong untuk menonton pertandingan ini, sangat kecewa.”

Pertandingan eksibisi yang mengundang antusiasme besar pada Minggu (4/2) itu berakhir dengan penonton yang mencemooh pemilik Inter Miami, David Beckham, dan menuntut pengembalian uang tiket mereka karena Messi tidak turun bermain karena cedera hamstring.

Reaksi para penonton ini merupakan kemunduran bagi para pejabat Hong Kong yang ingin meningkatkan citra kota itu sebagai pusat berbagai acara besar di tengah-tengah pemulihan ekonomi yang lamban dan tindakan keras Beijing terhadap para pembangkang.

Sebuah kapal yang layarnya bergambar Lionel Messi berlayar melintasi Victoria Harbour di Hong Kong pada 2 Februari 2024, menjelang pertandingan sepak bola persahabatan antara Inter Miami CF dan Tim Hong Kong pada 4 Februari 2024. (Foto: AFP)

Yeung mengatakan perjanjian pendanaan pemerintah dengan penyelenggara, Tatler Asia, mengharuskan Messi untuk bermain di lapangan setidaknya selama 45 menit, kecuali ada masalah keselamatan atau kesehatan. Ia mengatakan, sebelum pertandingan dimulai , penyelenggara telah mengukuhkan bahwa Messi akan bermain pada paruh kedua pertandingan.

Ketika pemerintah melihat babak kedua tidak berjalan sesuai rencana, pemerintah mencoba menindaklanjutnya dengan penyelenggara, tetapi diberitahu bahwa Messi tidak dapat bermain karena cedera, katanya.

“Karena itu kami segera meminta mereka untuk menjajaki solusi lain, misalnya Messi tampil di lapangan untuk berinteraksi dengan fansnya, dan menerima trofi. Sayangnya, seperti yang Anda semua lihat, ini tidak terjadi.”

Penyelenggara pertandingan eksibisi itu mendapat dana $2 juta dari komite penasihat pemerintah dan tiket dijual dengan harga $624.

Pada Minggu malam, pemerintah mengemukakan kekecewaannya dalam dua pernyataan, yang mengatakan tindakan lanjutannya mungkin mencakup pengurangan dana yang dialokasikan untuk acara tersebut.

Yeung mengatakan para pejabat akan mengambil keputusan mengenai masalah pendanaan.

Tatler Asia pada Minggu (4/2) malam bersikukuh tidak memiliki informasi sebelumnya mengenai para bintang sepak bola yang tidak akan turun bertanding.

Mereka juga menyatakan “kekecewaan luar biasa terkait tidak berpartisipasinya Lionel Messi dan Luis Suarez.”

Messi tiba di Hong Kong pada Jumat dan keluar dari pesawat jet pribadi dengan membawa koper, tas bahu dan dua minuman. Ia berjalan tanpa bantuan sewaktu menuruni tangga pesawat.

Inter Miami akan mengakhiri tur Asianya di Jepang pada hari Rabu, sewaktu mereka bertanding melawan Vissel Kobel. [uh/ns]

Sumber: www.voaindonesia.com