Musisi Jazz Berpengaruh, Les McCann, Tutup Usia

Les McCann, seorang musisi dan artis rekaman yang produktif dan berpengaruh, yang ikut membantu menemukan genre soul-jazz dan menjadi sumber favorit musisi Dr. Dre, A Tribe Called Quest dan ratusan artis hip-hop lainnya, tutup usia. Ia meninggal dalam usia 88 tahun.

Menurut manajer dan produsernya sejak lama, Alan Abrahams, McCann meninggal pada hari Jumat (29/12) di Los Angeles, satu minggu setelah dirawat di rumah sakit karena menderita pneumonia.

McCann, yang berasal dari Lexington, Kentucky, adalah seorang vokalis dan pianis otodidak yang memulai karirnya sejak tahun 1950-an, ketika ia memenangkan kontes menyanyi saat bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat dan tampil di “The Ed Sullivan Show,” sebuah variety show yang terkenal pada masanya.

Quincy Jones dan Miles Davis, adalah sebagian pengagumnya. Kedua musisi handal itu kemudian mengajaknya melakukan tur dunia dan merilis puluhan album, dimulai pada tahun 1960 dengan “Les McCann Ltd. Plays the Truth.”

McCann terkenal dengan “Compared to What,” sebuah lagu protes yang funky di mana ia pertama kali bekerja sama dengan mitra musiknya di masa depan, saksofonis Eddie Harris.

Ditulis oleh Eugene McDaniels dan direkam secara langsung di Montreux Jazz Festival 1968, “Compared to What” memadukan riff jazzy dan vokal McCann yang bergaya gospel. Lagu tersebut mengutuk perang, keserakahan, dan ketidakadilan dengan bait-bait seperti “tidak ada yang memberi kita sajak atau alasan, (untuk) memiliki satu keraguan, mereka menyebutnya pengkhianatan.”

Sebagian musisi yang mencoba menyanyikan kembali “Compared to What” adalah Roberta Flack, seorang anak didik McCann yang sempat dibantunya ketika audisi bersama Atlantic Records.

McCann adalah pelopor luar biasa dalam menggabungkan jazz dengan soul dan funk. Dia membuat rekaman bersama Flack dan melakukan turdengan beberapa musisi terkenal, antara lain Wilson Pickett, Santana dan the Staples Singers.

Album lain McCann adalah “Talk to the People” (1972), “Layers” (1973) dan “Another Beginning” (1974). Resonance Records bulan Desember lalu merilis “Never A Dull Moment! Live from Coast to Coast.” [em/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com