Mantan Anggota DPR AS Terkemuka, Eddie Bernice Johnson, Tutup Usia 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai pelopor yang mampu membawa ratusan juta dolar anggaran federal untuk pembangunan infrastruktur di wilayah Dallas, Texas, Eddie Bernice Johnson, meninggal pada Minggu (31/12). Ia berusia 88 tahun.

Wali Kota Dallas Eric Johnson dan banyak pemimpin lainnya mengeluarkan pernyataan tentang kematian salah satu tokoh Partai Demokrat paling berpengaruh di Texas itu setelah putranya mengirim berita kematiannya di Facebook.

Mantan ketua DPR Nancy Pelosi, yang bekerja sama erat dengannya selama puluhan tahun, menyebut Johnson sebagai “pelopor yang ulet, legislator yang berbakat dan pegawai negeri yang loyal.”

Sementara mantan anggota Kongres dari negara bagian Arizona, Gabrielle Giffords, menyebut Johnson sebagai “ikon.”

Tokoh Partai Republik yang sama-sama mewakili Texas dan kerap berdebat dengannya, Ted Cruz, juga merasa kehilangan dengan kepergiannya.

Dallas Morning News mengonfirmasi kematian Johnson dari sumber yang tidak disebutkan namanya, yang dekat dengan keluarga.

Belum ada penyebab kematian yang diinformasikan kepada publik.

“Dia adalah satu-satunya legislator paling efektif yang pernah dimiliki Dallas,” kata wali kota dalam sebuah pernyataan.

“Tidak ada yang membawa lebih banyak uang infrastruktur federal ke kota kami. Tidak ada yang berjuang lebih keras untuk komunitas kami dan kepentingan serta keselamatan penduduk kami. Dan tidak ada yang tahu bagaimana menavigasi Washington dengan lebih baik untuk masyarakat Dallas, selain Johnson,” imbuh wali kota.

Perempuan Kulit Hitam Pertama Jadi Ketua Komite Iptek DPR

Eddie Bernice Johnson bertugas di DPR selama tiga dekade setelah menjadi perawat terdaftar pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres dan kepala perawat psikiatri kulit hitam pertama di rumah sakit Urusan Veteran Dallas.

Ia kemudian menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mengetuai Komite Ilmu Pengetahuan, Antariksa, dan Teknologi di DPR, dan juga memimpin Kaukus Kulit Hitam di Kongres. Dia meninggalkan jabatannya pada bulan Januari 2023 lalu setelah berulang kali menunda masa pensiunnya. Sebelum menjadi anggota Kongres, ia menjabat sebagai anggota legislatif di Texas.

Johnson menggunakan posisi kepemimpinan komitenya untuk melawan upaya Partai Republik dalam memblokir tindakan terhadap perubahan iklim.

Pejuang Kemajuan STEM

Ketua Kaukus Kulit Hitam Kongres Steven Horsford mengatakan Johnson adalah “seorang advokat yang gigih dalam memperluas peluang STEM (Science, Technology, Engineering and Math/Sains, Teknologi, Mesin, dan Matematika) untuk siswa kulit hitam dan minoritas,” yang juga memainkan peran penting dalam membantu pemerintahan Biden meloloskan paket insentif utama untuk produsen chip komputer.

Johnson lahir di Waco dan dibesarkan di wilayah Selatan yang terpisah. Union Station di Dallas yang dulunya dibuat terpisah berdasarkan warna kulit, telah diubah namanya pada 2019 untuk menghormati Johnson.

Pengalamannya sendiri dengan rasisme membantu mendorongnya untuk terlibat dalam politik. Dia ingat bagaimana para pejabat di rumah sakit VA terkejut bahwa dia berkulit hitam setelah mereka mempekerjakannya tanpa melihat foto atau dirinya sebelumnya, sehingga mereka membatalkan tawaran untuk tinggal di asrama di kampus. [em/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com