Ledakan Debu di Pabrik di China Tewaskan Sedikitnya 8 Orang 

Media pemerintah China melaporkan sedikitnya delapan orang tewas akibat ledakan di sebuah pabrik di Provinsi Jiangsu, di bagian selatan China pada Sabtu (20/1) pagi.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa ledakan itu terjadi pada pukul 03.38 waktu setempat di sebuah bengkel milik pabrik produk-produk logam di Kota Changzhou, sekitar 180 kilometer barat daya Shanghai.

“Ledakan debu terjadi di bengkel produksi Shenrong Metal Technology Limited, menewaskan delapan orang dan delapan lainnya mengalami luka ringan,” kata Xinhua.

Ledakan debu terjadi ketika partikel-partikel halus yang mudah terbakar, termasuk logam, secara tak terduga terbakar di udara.

Xinhua melaporkan penyelidikan terhadap ledakan itu sedang berlangsung.

Kecelakaan-kecelakaan kerja fatal kerap terjadi di China di mana aturan-aturan keselamatan tidak diterapkan dengan baik atau diabaikan.

Pada Mei tahun lalu, sembilan orang tewas dalam ledakan di sebuah pabrik yang memproduksi hidrogen peroksida di Liaocheng, sebuah kota di Provinsi Shandong di timur China.

Pada November 2022, lebih dari 20 orang tewas di sebuah pabrik di Provinsi Henan, di China tengah. Pihak berwenang menyalahkan para pekerja di pabrik tersebut karena melakukan pekerjaan pengelasan secara ilegal. [ft]

Sumber: www.voaindonesia.com