Kereta Komuter Tergelincir dan Terbakar di Dekat San Francisco

Beberapa orang menderita luka ringan dan layanan terganggu ketika kereta komuter tergelincir dan terbakar pada Hari Tahun Baru di San Francisco Bay Area, kata para pejabat.

Kereta Bay Area Rapid Transit (BART) baru saja meninggalkan Orinda menuju Lafayette sekitar jam 9 pagi pada Senin ketika dua gerbong depan keluar jalur, kata juru bicara BART Jim Allison. Semua penumpang dievakuasi dan petugas pemadam kebakaran segera memadamkan api di dua gerbong, katanya.

Beberapa penumpang dibawa ke rumah sakit karena luka ringan, kata Allison. Jumlah total orang yang terluka belum diketahui secara pasti. Penumpang lainnya berjalan kembali ke Stasiun Orinda.

Penumpang Lia Burrell mengatakan kepada KGO-TV bahwa dia harus melompat keluar dari kereta setelah membuka pintu. “Seseorang di belakang kami menyuruh ‘lompat saja, lompat saja.’ Jadi kami melompat ke luar seperti (dalam film) Mission Impossible. Sayangnya tidak dengan cara yang keren tetapi dengan cara yang sangat jelek, ketakutan,” katanya.

Indikasi awal menunjukkan kereta tergelincir di bagian rel yang saling bertautan, di mana kereta dapat berpindah dari satu jalur ke jalur lain, kata Allison. Belum jelas apa yang menyebabkan kereta tergelincir sekitar 13 kilometer timur laut Oakland.

Para pejabat tidak segera mengatakan berapa banyak orang yang berada di dalam kereta ketika tergelincir.

Layanan dihentikan pada jalur rel sepanjang 19 kilometer antara Rockridge dan Walnut Creek di kedua arah, lapor Chronicle. Pejabat BART mengatakan Stasiun Orinda kemungkinan akan ditutup sepanjang hari itu sementara kru memindahkan gerbong-gerbong yang rusak dan memeriksa relnya.

Meskipun sistem transportasi umum membawa lebih sedikit penumpang dibandingkan pada biasanya pada Hari Tahun Baru, gangguan tersebut kemungkinan akan berdampak pada puluhan ribu orang, kata Allison. [ka/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com