Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Kunjungi Kyiv

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell tiba di Kyiv, Selasa (6/2) dalam kunjungan untuk menekankan dukungan militer Uni Eropa bagi Ukraina, ketika perang hampir memasuki tahun ketiganya, kata dia.

Borrell juga mengatakan, pembicaraannya di Kyiv akan mendiskusikan dukungan bagi Ukraina, baik dari sisi militer maupun keuangan, begitu juga kemajuan yang dimiliki Kyiv pada jalur reformasi dalam upayanya untuk bergabung dengan blok beranggotakan 27 negara tersebut.

“Terimakasih kepada kepemimpinan di komisi, Ursula von Der Leyen, dan negara-negara Eropa. Akhirnya, seluruh negara anggota telah setuju untuk memberikan bantuan senilai 50 miliar Euro tepat di saat Ukraina jelas-jelas sangat membutuhkannya, dan kami akan melanjutkan upaya untuk meningkatkan dukungan militer kami,” kata Borrell.

Uni Eropa telah menyetujui fasilitas senilai 50 miliar Euro atau 54 miliar dolar AS selama empat tahun bagi Ukraina pekan lalu, yang merupakan dorongan besar bagi Kyiv yang sangat bergantung kepada sekutu Baratnya untuk dukungan militer dan keuangan.

Pejabat militer Ukraina telah mengatakan bahwa mereka menghadapi kelangkaan amunisi dan peluru artileri yang sangat parah, seiring tekanan dari pasukan Rusia melalui serangan-serangan baru di beberapa kawasan di sisi timur dan tenggara negara itu. [ns/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com