Inggris Dilanda Banjir setelah Diterjang Hujan Lebat

Pemerintah Inggris mengeluarkan lebih dari 300 peringatan banjir setelah hujan lebat pada Jumat (5/1) menyebabkan sungai-sungai besar di Inggris meluap. Sejauh ini, sejumlah operator perjalanan mengumumkan gangguan serius, dan sekitar 1.000 rumah mengalami kerusakan.

Serangkaian badai dalam beberapa minggu terakhir menyebabkan hujan yang berkepanjangan yang dimulai pada Kamis (4/1) mengguyur tanah yang sudah jenuh air dan dengan cepat menyebabkan sungai dan saluran air di seluruh Inggris dan Wales, meluap.

Badai juga menyebabkan banjir di wilayah lain Eropa dalam beberapa hari terakhir.

Sungai Trent di Inggris tengah juga meluap, memaksa pihak berwenang setempat mengumumkan insiden besar. Layanan pemadam kebakaran London mengatakan bahwa mereka harus mengawal sekitar 50 orang ke tempat yang aman pada Kamis (4/1) malam setelah saluran air di bagian timur ibu kota meluap.

“Kita bangun pagi ini, seperti yang banyak orang lihat, dalam situasi yang sangat basah di seluruh negeri,” ujar Caroline Douglass, direktur yang bertanggung jawab atas manajemen banjir di Environment Agency, kepada BBC.

Douglass mengatakan sejauh ini sekitar 1.000 rumah telah terendam banjir. Operator kereta api di wilayah barat daya Inggris, termasuk London, Great Western Railways, mengatakan jalurnya di tiga bagian selatan negara itu ditutup. Jalan-jalan di daerah yang terkena dampak paling parah juga ditutup.

Hujan diperkirakan akan lebih banyak terjadi pada Jumat (5/1), meskipun intensitasnya tidak sama seperti yang terlihat pada malam hari, dan cuaca yang lebih kering diperkirakan akan menyusul. [ah/ft]

Sumber: www.voaindonesia.com