Enam Tukang Cukur Tewas Ditembak di Waziristan Utara, Pakistan

Jenazah enam pria yang ditembak mati, ditemukan di ladang pada hari Selasa (2/1) di Waziristan Utara, sebuah distrik kesukuan di provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan barat laut, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Korban yang meninggal itu dikenal sebagai tukang cukur dari provinsi Punjab di Pakistan timur.

Berbicara kepada VOA Seksi Bahasa Urdu, Polisi Distrik, Roohan Zeb Khan menyatakan, kematian itu sebagai insiden teror. Ia menambahkan, pembunuhan itu sedang diselidiki dan jenazah para korban akan diserahkan kepada keluarga setelah identifikasi selesai.

Haji Mujtaba, seorang wartawan setempat mengatakan, semua tukang cukur membuka bisnisnya di pasar yang sama di Mir Ali, kota terbesar kedua di Waziristan Utara. Ia mengatakan mereka diculik sehari sebelumnya.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, namun kehadiran militan bersenjata, terutama dari Tehreek-e-Taliban Pakistan, atau TTP yang dilarang, naik tajam di distrik-distrik kesukuan sejak Taliban Afghanistan kembali berkuasa di seberang perbatasan pada Agustus 2021.

Ketika Taliban pertama kali berkuasa di Afghanistan pada tahun 1996 hingga 2001, laki-laki dilarang mencukur jenggot atau berambut pendek atau bergaya trendi. Mereka yang tidak taat sering kali dipukuli. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com