‘Emmy Awards’ Akhirnya Diselenggarakan Lagi

Acara penghargaan televisi yang paling ditunggu-tunggu, Emmy Awards ke-75 Senin malam (15/1) diadakan di Peacock Theatre, empat bulan terlambat dari jadwal. Penyelenggaraan Emmy terjadi setelah selama satu tahun industri Hollywood mengalami gejolak bersejarah yang dampaknya sangat jelas di mana-mana. Pemogokan yang dilakukan oleh aktor dan penulis, peralihan yang bergejolak menuju streaming, dan perombakan kalender lama TV tradisional berarti acara penghargaan yang disiarkan oleh televisi Fox dan dipandu oleh Anthony Anderson pada Hari Martin Luther King Jr. menampilkan pemenang yang sudah ditentukan beberapa bulan lalu untuk acara tersebut. Dalam beberapa kasus pertunjukan televise itu sudah berakhir bertahun-tahun yang lalu — dan hanya sedikit penontonnya dibandingkan beberapa dekade yang lalu.

Namun bagi para aktor dan orang lain yang ikut dalam acara tersebut, norma-norma tidak lagi menjadi hal yang penting dalam bisnis ini.

“Sejak pandemi, menjadi sangat aneh, kita merekam sesuatu, lalu terkadang butuh beberapa tahun lagi hingga kita menyaksikannya, dan lebih lama lagi sampai seperti ini,” kata aktor Nick Offerman kepada kantor berita Associated Press pekan lalu setelah memenangkan Emmy awal untuk “ The Last of Us,” sebuah acara yang masuk dalam nominasi teratas Senin malam bersama dengan “Succession,” “Ted Lasso” dan “The Bear.”

Emmy akan memberikan beberapa kelonggaran dan perayaan setelah pemogokan dan penyebabnya dan pada edisinya yang ke-75, akan berusaha mengaitkannya pada masa lalu dan sejarah TV. Acara ini mencakup serangkaian reuni para pemain film dan rekreasi adegan dari acara favorit termasuk “Cheers,” “Game of Thrones,” “Grey’s Anatomy” dan “Martin.”

Nominasinya sendiri punyai kaitan erat dengan acara-acara Emmy di masa lalu, yaitu berlanjutnya dominansi lama HBO selama puluhan tahun. HBO tahun ini memiliki tiga acara dengan nominasi terbanyak yaitu “Succession,” “The White Lotus” dan “The Last of Us.”

Anderson ditunjuk menjadi pembawa acara ketika menjadi pembawa acara penghargaan bukanlah pekerjaan yang didambakan, terutama setelah komedian Jo Koy dikecam secara luas karena penampilannya di Golden Globes akhir pekan lalu.

Namun Anderson mengatakan dia sebenarnya santai dan lega, karena untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, dia tidak masuk nominasi. Dia tidak pernah memenangkan Emmy meskipun mendapat 11 nominasi sebagai produser dan aktor untuk acara sebelumnya, “black-ish”.

“Semua tekanan sudah hilang dari saya sekarang,” kata Anderson, yang sekarang menjadi pembawa acara “We Are Family” di Fox, saat persiapan acara. “Saya tidak harus duduk di sana dan bertanya-tanya, apakah saya akan menang? Apakah saya akan mendapatkannya? Jam berapa mereka akan masuk ke kategori ini? Saya hanya datang kemari dan menjadi diri saya sendiri.”

Cara menonton Emmy

Emmy disiarkan langsung di Fox mulai Senin jam 8 malam dan tersedia untuk streaming mulai Selasa di Hulu.

Acara ini dapat disaksikan di banyak negara. Situs web Akademi Televisi memiliki daftar stasiun penyiaran yang berguna dan beberapa diantaranya memuat jam tayang Emmy.

Selain itu ada banyak cara untuk menonton karpet merah Emmy, yang dimulai pukul 5 sore, saat E! memulai liputannya. Majalah People dan Entertainment Weekly juga mengadakan acara karpet merah yang akan disiarkan di situs web dan halaman YouTube mereka.

Peraih nominasi

“Succession” mendapat 27 nominasi utama. Serial ini kemungkinan menjadi favorit untuk memenangkan serial drama terbaik yang ketiga pada Emmy dan ada tiga pria — Brian Cox, Jeremy Strong dan Kieran Culkin yang bersaing untuk meraih aktor terbaik dengan empat nominasi lagi bagi pemeran pembantu terbaik.

Namun hal itu tidak menjamin akan paling banyak menang, karena “The Last of Us,” yang menduduki peringkat kedua dengan 24 nominasi, memperoleh delapan nominasi pada acara Creative Arts Emmy akhir pekan lalu, sementara “Succession” tidak memenangkan satu pun nominasi. Penghargaan tersebut termasuk penghargaan akting tamu terbaik untuk Offerman dan Storm Reid, yang menunjukkan bahwa para pemilih juga mungkin menyukai pemeran utamanya Pedro Pascal dan Bella Ramsey. Keduanya bisa mencetak sejarah, dengan Pascal menjadi orang Latin pertama yang memenangkan aktor terbaik dalam sebuah drama dan Ramsey menjadi orang termuda yang memenangkan aktris terbaik.

Para bintang utama dari serial “The White Lotus” ada di seluruh kategori pembantu. Ada lima perempuan yang dinominasikan sebagai aktris pemeran pembantu terbaik dalam sebuah drama, termasuk Jennifer Coolidge dan Aubrey Plaza.

Di sisi komedi, Senin malam bisa menjadi putaran kemenangan untuk pemutaran musim ketiga dan terakhir “Ted Lasso,” serial bertema sepak bola yang memenangkan komedi terbaik pada dua musim pertamanya. Penantang utamanya adalah “The Bear,” tentang seorang juru masak yang menghadapi kesulitan dengan warisan keluarganya, kedua film bersaing untuk komedi terbaik, dan pemeran utamanya, Jeremy Allen White, bisa menantang Jason Sudeikis dari “Ted Lasso” untuk aktor komedi terbaik.

Penantian yang lama

Dua pemogokan selama tahun lalu membuat Emmy, yang biasanya diadakan pada bulan September, melakukan pemindahan jadwal yang belum pernah terjadi sebelumnya ke bulan Januari, sehingga menempatkannya di tengah-tengah musim penghargaan Hollywood.

Namun, pemungutan suara Oscar berlangsung sesuai jadwal normal, artinya pemenang telah ditentukan sejak akhir Agustus. Penantian dan keanehan lain dalam kalender membuat beberapa situasi penghargaan menjadi aneh. “The Bear” masuk nominasi Emmy untuk musim pertamanya, setelah memenangkan Golden Globes untuk musim keduanya. [my/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com