CEO Boeing Bahas Isu Keselamatan Pesawat dengan Kongres AS

CEO Boeing Dave Calhoun mengunjungi gedung Capitol di Washington, DC hari Kamis (24/1), untuk menemui para anggota Kongres AS guna membahas masalah keselamatan pesawat penumpangnya, Boeing Max 9.

Penyelidikan yang sedang dilakukan regulator penerbangan AS dan kritikan tajam terhadap Boeing di dalam dan luar industri penerbangan memicu kunjungan Calhoun ke Washington hari Rabu.

Kunjungannya dilakukan sehari setelah sebuah pesawat Boeing 757 yang dioperasikan maskapai Delta Air Lines kehilangan roda depan saat persiapan lepas landas dari Atlanta. Peristiwa itu menjadi yang terbaru dari serangkaian insiden yang menimpa pesawat Boeing.

Penerbangan Delta 982 tujuan Bogota, Colombia sedang bersiap terbang di Bandara Internasional Atlantas Hartsfield-Jackson ketika insiden itu terjadi sekitar pukul 11.15 pagi hari Sabtu (20/1), menurut Badan Penerbangan Federal (FAA) AS, yang juga sedang menyelidiki insiden itu.

Tidak ada korban luka, kata juru bicara Delta kepada Associated Press, yang menambahkan bahwa roda itu sudah dipasang kembali dan pesawat tersebut sudah dioperasikan lagi sehari setelahnya.

Awal bulan ini, sebuah panel penutup pintu pesawat Alaska Boeing 737 Max 9 terlepas di tengah penerbangan pada ketinggian 16.000 kaki (4.900 meter) di atas Oregon, menyisakan lubang menganga di sisi badan pesawat. Sejak saat itu, Alaska Airlines dan United melaporkan penemuan sejumlah baut yang longgar dan masalah lainnya pada panel pintu di pesawat Max 9 lain yang jumlahnya tidak disebutkan.

Sejumlah kecelakaan yang melibatkan pesawat Boeing terjadi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dua kecelakaan pesawat Max 8 di Indonesia dan Ethiopia, yang menewaskan total 346 orang pada tahun 2018 dan 2019. [rd/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com