‘Barbenheimer’ Diprediksi Memimpin Nominasi Oscar

Dunia perfilman, pada Selasa (23/1), akan mengetahui siapa yang memperoleh nominasi untuk meraih piala Oscar tahun ini, dengan film laris “Oppenheimer” dan “Barbie” diperkirakan menduduki puncak daftar nominasi.

Kedua film yang sangat berbeda itu telah bersatu dengan istilah populer “Barbenheimer” sejak keduanya dirilis secara bersamaan pada musim panas lalu. Kini kedua film itu tampaknya akan bersaing memperebutkan beberapa hadiah terbesar pada malam penghargaan perfilman, Academy Awards ke-96, yang akan digelar pada 10 Maret mendatang.

“Oppenheimer,” film besutan Christoher Nolan yang bertutur soal bapak bom atom, J. Robert Oppenheimer, diperkirakan akan banyak mendapat penghargaan di antaranya untuk kategori film terbaik, juga sutradara terbaik, serta pemeran utama pria terbaik lewat akting Cillian Murphy dan juga kategori pemerang pendukung pria terbaik melalui Robert Downey Jr.

Sementara itu, film “Barbie” karya Greta Gerwig tampaknya juga akan masuk dalam nominasi kategori film terbaik, dan Margot Robbie berpeluang untuk meraih nominasi pada kategori pemeran utama perempuan terbaik.

Film tersebut tampaknya juga akan meraih nominasi pada kategori skenario adaptasi terbaik – penghargaan yang biasanya diberikan untuk naskah yang berawal dari sebuah buku, bukan naskah yang berawal dari boneka plastik – serta pada kategori musik dan teknis.

“Killers of the Flower Moon,” karya Martin Scorsese yang berdurasi tiga setengah jam dan bercerita tentang kejahatan nyata mengenai pembunuhan yang terjadi di komunitas Osage yang kaya minyak pada awal abad ke-20 di Oklahoma, tampaknya juga akan berjaya pada ajang penghargaan tersebut.

Walaupun respons penonton terhadap film tersebut terbagi dua, para kritikus film memuji karya seninya, sehingga para pengamat industri memperkirakan “Killers of the Flower Moon” akan mendapat penghargaan untuk kategori film dan sutradara terbaik, serta dalam beberapa kategori teknis.

Ketiga bintangnya Lily Gladstone difavoritkan masuk sebgai nominasi pemeran utama perempuan terbaik, Robert De Niro diperkirakan akan
mendapat nominasi untuk kategori pemeran pendukung pria terbaik sementara Leonardo DiCaprio tampaknya akan meraih nominasi pemeran utama pria terbaik. [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com