Angkatan Laut AS Nyatakan Dua Prajuritnya yang Hilang di Teluk Aden telah Tewas 

Dua anggota Navy SEAL (prajurit Khusus Angkatan Laut) Amerika Serikat yang hilang di Teluk Aden pada awal bulan ini, belum juga ditemukan dan status mereka telah dinyatakan menjadi meninggal dunia, kata pejabat militer pada hari Minggu (12/1).

Anggota SEAL itu dilaporkan hilang setelah menaiki kapal Iran dalam operasi pada 11 Januari di dekat pantai Somalia, kata Komando Pusat AS di platform media sosial X, sebelumnya Twitter.

“Kami berduka atas meninggalnya dua prajurit Khusus Angkatan Laut kami, dan kami akan selamanya menghormati pengorbanan dan teladan mereka. Doa kami bersama keluarga SEAL, teman-teman, Angkatan Laut AS, dan seluruh komunitas Operasi Khusus selama ini,” kata Komandan CENTCOM, Jenderal Michael Erik Kurilla dalam sebuah pernyataan.

AS melakukan serangkaian serangan terhadap sasaran Houthi sebagai balasan atas serangan yang dilakukan Houthi terhadap kapal dagang yang beroperasi di Laut Merah. Serangan Houthi itu mengganggu perdagangan dunia dan menimbulkan kekhawatiran akan kemacetan pasokan.

Pasukan Komando Pusat AS pada hari Sabtu (20/1) menyerang rudal anti-kapal Houthi yang ditujukan ke Teluk Aden dan bersiap untuk diluncurkan, kata militer AS. [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com