Sangat Simple! 2 Cara Cek RAM PC Serta Fungsi dan Kegunaan RAM

Ini Cara Cek RAM PC Serta Fungsinya

cara cek ram pc

Cara cek RAM PC sangat mudah dilakukan apapun tipe sistem operasinya. Biasanya orang-orang mengecek RAM dilakukan pada saat ingin membeli laptop. Masyarakat sangat tertarik dengan laptop atau PC yang memiliki kapasitas RAM yang besar.

RAM (Random Access Memory) yang memiliki kapasitas besar dapat menyimpan data lebih banyak dan mampu menjalankan software dengan ringan. Sebelum masuk ke cara mengecek RAM, ada baiknya simak penjelasan di bawah mengenai fungsi dari RAM itu sendiri.

Fungsi RAM Pada PC

Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan RAM yang merupakan kepanjangan dari Random Access Memory). Secara umum RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara ketika program di komputer sedang berjalan. Selain fungsi utama sebagai penyimpanan sementara, ada fungsi-fungsi RAM lainnya yaitu:

1. Meningkatkan Performa PC dan Pengolahan Data

Saat melakukan streaming dan bermain game dengan resolusi yang tinggi biasanya RAM dengan kapasitas kecil akan mengalami patah-patah. Sedangkan jika RAM di PC memiliki kapasitas yang besar maka program yang dijalankan akan lancar.

Komputer tidak cepat mengalami hang, itu dikarenakan pada saat menjalankan program yang berat maka data yang dijalankan akan sangat banyak. Waktu yang dibutuhkan pun akan semakin cepat dan hal itu sangat meringankan pekerjaan pengguna.    

2. Mencegah Hang Pada Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa komputer yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat dapat membuat komputer hang. RAM ini akan membantu untuk mencegah crash pada komputer jika software yang dipakai sesuai dengan kapasitas RAM.

Sangat disarankan untuk menginstall aplikasi sesuai dengan kapasitas RAM di komputer, jika memang sudah terlanjur maka pengguna dapat menambah RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Begini Cara Mengecek RAM PC dengan Benar

Untuk mengetahui kapasitas RAM yang ada di komputer maka diperlukan cara-cara untuk mempermudahnya. Ada banyak sekali cara untuk mengecek kapasitas RAM yang ada di komputer. Berikut adalah cara-cara yang simple untuk mengecek RAM, yaitu:

1. Cek Melalui Pengaturan Komputer Maupun PC

Cara cek RAM PC yang pertama pengguna dapat mengecek melalui pengaturan yang ada di komputer. Mengecek dengan komputer ini juga tergolong sangat mudah dan fleksibel diterapkan. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka menu setting yang ada di komputer. Pastikan saat mengecek RAM, komputer dalam keadaan menyala.
  • Klik about your PC. Pengguna dapat mencari di fitur pencarian saat berada di menu setting untuk mempermudah.
  • Lihat kapasitas RAM yang ada di keterangan installed RAM. Pengguna dapat melihat besar kapasitas RAM yang tersedia di komputer.

2. Lihat dengan Dxdiag

Dxdiag merupakan sebuah fungsi yang dapat digunakan untuk mengecek RAM yang ada di komputer. Fungsi ini merupakan sebuah fitur bawaan yang disediakan oleh Windows dan dapat digunakan pada Windows 7, 8, dan 10. Untuk menerapkan cara ini, maka pengguna harus mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Tekan secara bersamaan Windows + R. Pengguna menekan tombol tersebut pada keyboard.
  • Ketik dxdiag saat muncul jendela RUN.
  • Tekan pilihan OK. Setelah itu pengguna dapat melihat kapasitas RAM di DirectX Diagnostic Tool saat fitur tersebut muncul.

Demikian artikel cara cek RAM PC serta dua fungsi dan kegunaan dari RAM. Pengguna dapat menerapkan cara-cara yang sudah dipaparkan di atas dengan simple dan mudah. Pastikan semua langkah-langkahnya diterapkan dengan benar agar tidak mengalami kesalahan saat proses pengecekan.