Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Gratis, Yuk Segera Instal!

Antivirus Terbaik Untuk Windows 10, Ini Rekomendasinya

antivirus terbaik untuk windows 10

Semakin berkembangnya teknologi, microsoft merilis windows 10 untuk menyempurnakan windows versi sebelumnya. Namun, virus merupakan ancaman terbesar yang dapat mengganggu kinerja komputer bahkan membuat mati total. Oleh karena itu, perlu memasang antivirus terbaik untuk windows 10 guna menjaga komputer dari serangan virus.

Dengan memasang antivirus terbaik, maka perangkat windows 10 akan tetap aman dan dapat bekerja secara optimal. Antivirus tersedia gratis dan juga ada fitur premium (berbayar). Simak rekomendasi antivirus terbaik khusus windows 10 yang dapat diperoleh secara gratis di bawah ini!

1. Windows Security (Windows Defender)

Antivirus terbaik untuk windows 10 yang pertama adalah Windows Defender, dimana sudah menjadi bawaan dan tertanam pada perangkat windows 10. Windows defender merupakan aplikasi antivirus yang diciptakan oleh microsoft, dimana sehingga terintegrasi secara optimal dengan sistem operasi windows.

Kelebihan antivirus ini yaitu selalu aktif dan otomatis memberi peringatan saat ada virus yang terdeteksi pada perangkat. Selain itu, antivirus ini dapat membersihkan virus dengan menyeluruh dan maksimal tanpa menghilangkan file-file penting.

2. Bitdefender

Antivirus terbaik untuk windows 10 berikutnya yakni Bitdefender. Aplikasi antivirus bitdefender menawarkan tingkat keamanan yang sangat baik. Bitdefender dapat melakukan pendeteksian yang sangat baik dan ringan ketika melakukan scan virus. 

Kelebihan dari antivirus ini yaitu dapat melakukan scan pada trafik online pada semua web, email, hingga instant messenger secara realtime. Selain itu, antivirus ini dapat mendeteksi virus baru secara cepat. 

3. Kaspersky

Aplikasi antivirus kaspersky merupakan aplikasi antivirus yang tergolong mudah dalam penggunaannya. Dimana pada aplikasi ini terdapat perlindungan dan fitur-fitur terbaik dalam melindungi perangkat dari virus diantaranya proteksi webcam, proteksi anti phising, VPN, serta perangkat keamanan Safe Money.

Adapun kelebihan dari antivirus ini yaitu adanya update secara otomatis dan berkala. Antivirus ini juga dapat melakukan scanning secara cepat, ringan, dan melindungi perangkat dari virus dan malware secara kuat.

4. Avira Free Antivirus

Avira free antivirus merupakan aplikasi antivirus yang sangat terkenal karena tergolong tertua dimana beroperasi sejak tahun 1986. Keamanan dan kerahasiaan antivirus ini sangat terjaga. Avira juga memiliki fitur perlindungan cloud technology yang berguna untuk memindai file tidak jelas dan aktivitas pada layanan internet secara realtime. 

5. Avast Free Antivirus

Antivirus Avast termasuk aplikasi antivirus yang terbaik, karena fitur gratis yang diberikan lebih lengkap. Pada antivirus ini juga  terdapat fitur VPN secara gratis. Adapun untuk versi premiumnya juga tidak merogoh kocek terlalu besar untuk memperolehnya.

Kelebihan dari antivirus ini ialah adanya fitur behavior shield, yang berguna untuk menghentikan software yang semula beraktivitas baik tetapi tiba-tiba melakukan aktivitas cerdik yang akan membahayakan identitas dan data di perangkat komputer atau laptop. 

6. AVG Free Antivirus

Menginginkan aplikasi antivirus yang berukuran kecil? AVG Free Antivirus adalah solusinya. Antivirus ini sudah cukup dikenal dan banyak digunakan pengguna komputer. Kelebihan dari antivirus ini yaitu kemampuannya menghentikan serangan yang terdeteksi, bahkan 99% serangan virus yang belum terdeteksi. 

Nah, dari rekomendasi antivirus untuk windows 10 yang sudah diulas di atas, juga perlu mengetahui ciri-ciri perangkat komputer yang sedang terserang virus. Beberapa ciri-ciri komputer atau laptop yang diserang virus diantaranya:

  • Lambatnya kinerja perangkat komputer atau laptop.
  • Munculnya iklan pop up yang tidak terduga.
  • Berkurang atau penuhnya ruang penyimpanan perangkat komputer atau laptop.
  • Adanya file yang rusak, hilang, atau bahkan terkunci.
  • Email dibajak.
  • Antivirus mendadak tidak berfungsi.
  • Aktivitas hard drive yang mencurigakan.
  • Komputer atau laptop sering restart dan mendadak mati.

Itulah beberapa rekomendasi antivirus terbaik untuk windows 10 pada perangkat komputer atau laptop. Lebih baik aktifkan satu antivirus yang terbaik dan sesuai dengan yang dibutuhkan komputer yang digunakan..